Kepada agan/aganwati yang ngebaca
postingan ini, harap di maklum. Ini review pertama ane. Jadi, kesalahan pada
penulisan, ketidak-sinkronan thd isi dan alur cerita, ya di mohon maap aje ye.
Ijinkanlah reviewers movie boongan ini melakukan tugasnya sebagai reviewers
boongan. (ogah disebut reviewers murtad). Okeedah, tanpa cap-cip-cup kembang
kuncup lagi, sekidot!!
Sinopsis
Seorang petugas (atau kurir)
penjara bernama bos Edgecomb bercerita
kepada seorang wanita (teman jompo-nya), mengenai masa lalunya bersama beberapa
kurir lainnya (empat kalo ga salah) di sebuah penjara bernama The green mile,
yang erat banget brotherhoodnya, friendshipnya pun gitu, udah kayak keluarga
kalo di perhatiin. Tapi di antara mereka berempat, ada 1 orang kurir baru bernama
Percy, yang songong2 mengundang decak
benci dan amarah, yang tiap harinya selalu bikin ulah dan masalah (tapi dia
sukses bikin penonton illfeel sama dia, total banget aktingnya!).
Si Percy ini adalah orang yang
banyak koneksinya. Biasalah, anak orang penting, bisa dapet pekerjaan apapun yg
dia mau lewat jalur belakang (KKN). Tragis memang, disaat banyak pemuda/i fresh
graduate yang butuh kerja secara murni dan emang niat buat kerja, eh seenak
jidat aja nyogok2 internal perusahaan buat jadi karyawannya. Emang bejat lah
kalo orang udah berani main ama nasib orang lain.
Ekspresi readers : paragrap di
atas kayanya curhat deh bang!
Ane: shuuut!!!!!!
Setelah perang secara lahir
maupun batin antara 4 vs 1, akhirnya si berempat bikin ancaman kepada si percy,
supaya dia pindah kerja karena mereka udah muak ame kelakuannya. Si percy
setuju bakal pindah, tetapi ada 1 syarat. Dia pengin melakukan eksekusi mati
menggunakan kursi listrik kepada tawanan yang udah bikin dia geram . apakah
keempat kurir menyetujui permintaan si percy wetmore goddamn ini, atau kurs
dolar akan terus melonjak naik seperti seharusnya?
Review:
Ternyata, sinopsis di atas
hanyalah segelintir masalah yang datang pada kehidupan bos Edgecomb selama
bertugas di penjara. Karena masalah sebenaarnya, konflik batin yang paling
menonjol di film ini adalah antara bos egde dengan seorang tawanan baru yang
telah di tuduh membunuh 2 orang anak petani (atau buruh?) yang badannya segede
truk gandeng naudzuillah yang bernama John Coffey.
*ini pemain smekdon kok nyasar kesini?
Dimulai dari pertemuan
pertamanya, semua berjalan seperti biasa layaknya kurir dengan tahanan. Namun
lambat laun, hubungan mereka (antara si john dan 4 sekawan, si percy not
included) kek udah jadi sahabatan. Semua di mulai dari si John mulai
memperlihatkan mukjizatnya, di mulai nyembuhin kencing siletnya si bos Edge
yang udah kronis banget, terus bisa ngidupin tikus yang udah modyar, sampe bisa
ngilangin tumor otak yang di idap oelh temannya si bos Edge, semua kejadian
yang udah di luar nalar dan logika itu, ngebikin mereka semakin takjub dan
malah merasa iba kepada si john.
Pertamanya ane juga rada aneh,
kenapa mereka merasa iba kepada pembunuh 2 anak tak bersalah? Hukum harus tetap
di tegakkan dong! Ternyata tebakkan gue meleset jauh 361 derajat sodara2ku,
ternyata si John memiliki indra keenam yang bisa melihat masa lalu, dan lebih
emejing lagi, dia bisa memperlihatkan “kemampuannya” itu kepada orang lain,
sehingga, bagi mereka yang tidak percaya, bisa jadi percaya 100%. Wow!
Jadi ternyata bukan si john yg
ngebunuh! Dia Cuma berada di tempat yg salah pada waktu yg salah. Punya niat
buat nyelametin anak yg terbunuh, malah dia yang di tuduh. Karena kedua anak
itu berada dalam pangkuan si john, kan si john mau niat nyelametin.
Klimaksnya jelas ada pada 30
menit terakhir. Tapi bukan Cuma itu, si kakek Darabont ngebikin ane takjub dan
mantengin laptop selama durasinya, nggak ada keinginan buak skip forward. Cuma
ini film yang bisa ngebikin ane terharu sekaligus terbawa arus cerita yang
nggak begitu deras, namun jika kita udah menyelam, sangat sulit untuk
melepaskan diri. Gimana keadaan si percy? Dia pindah ke tempat kerja yang dulu
dia niat buat pindah. dari pada spoiler, mending kalian nonton nif film
berdurasi 3 jam 15menit yang sangat menyentuh dan ending yang menyejukkan ini.
So, menurut ane, Darabont emang
smart banget bikin penontonnya merasa
“ngena di hati”akibat ending dan alur yang luar biasa. Best film under
The shawshank redemption! Ini rating yg mudah2an ngebikin kalian nikmatin ni
film.
9.5/10!!


No comments:
Post a Comment